• Desain Kolam Renang Modern dan Mewah

    0
    scissors
    June 10th, 2013adminArtikel

    SolusiProperti.Com-Dalam memilih desain atau gaya kolam renang di rumah Anda, pertama kali yang harus dipertimbangkan adalah bentuk yang paling sesuai dengan lokasi. Anda juga harus mempertimbangkan rencana berapa banyak anggota keluarga yang akan berenang dan menikmati kesegaran air di kolam renang yang akan Anda buat. Jadi dapat kita katakan bahwa ukuran dan bentuk kolam renang menjadi faktor yang sangat penting. Pilihlah bentuk kolam renang terbaik yang akan menampung seluruh anggota keluarga.

    • Bangun Rumah Modern Minimalis

      Desain rumah & konstruksibangunan rumah modernbergaya minimalis, dilengkapi dengan desain tamankolam renang mini & dan bangunan mushola pribadi.

    • Jasa Arsitek Bangunan Komersial

      Desain arsitek dan konstruksi bangunan komersial untuk pertokoan / mini market, swalayan, mall/plaza, hypermarket.

    • Jasa Gambar Arsitek

      Jasa layanan gambar arsitekdesain rumah,gambar denah rumah,gambar kerja untuk berbagai tipe bangunan rumah.

    Kolam Renang

    Landscaping Kolam Renang

    Mempunyai kolam renang pribadi yang nyaman dan cantik sangat diimpikan oleh semua orang, bagi anda yang sudah mempunyai ataupun sedang merencanakan membangun kolam renang yang sebelumnya belum menata kolam renang anda, mungkin perlu menambahkan beberapa perlengkapan dan penataan landscaping untuk kolam renang anda sehingga anda dapat menikmati kolam renang anda sepuasnya bersama keluarga ataupun teman teman anda. Penyediaan perlengkapan dan lanscaping ini bukan sebagai keharusan, anda perlu menyediakan sesuai dengan kebutuhan dan selera anda dan juga anda harus memperhatikan ketersedian tempatnya.

    1. Pool Deck atau Teras kolam
    Banyak solusi dan pilihan untuk membuat teras atau pool deck kolam renang anda cantik , nyaman dan juga mengandung unsur keselamatan. Salah satu pilihan yang dapat digunakan adalah teras dengan dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang ditata dengan rapi.

    Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan material pooldeck adalah material harus anti selip atau tidak licin. Juga hal yang perlu diperhtikan adalah level atau ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari teras atau pool deck..

    2. Edging atau pinggiran kolam
    Edging adalah material yang digunakan untuk pinggiran / bibir atas dari kolam renang dan bukan satu bagian dengan pool deck. Edging biasanya dipasangkan mengelilingi seluruh pingiran bibir atas dari kolam renang. Material yang digunakan dalam edging ini sering juga disebut dengan ”coping”. Material yang dipergunaka biasanya dari bahan beton, beton precast, batu atau ada juga dari bahan keramik. Bentuk dari coping ada dalam berbagai macam tapi umumnya harus membentuk yang membulat pada sudutnya.

    3. Penanaman Pohon dan Tanaman
    Penanaman pohon disekitar kolam renang akan memberikan rasa rindang dan juga akan mengurangi polusi terhadap sekitar kolam renang. Dengan desain arsitektural yang menarik maka anda akan semakin menikmati saat saat berenang anda. Pemilihan pohon dan tanaman harus diperhatikan juga, pilihlah pohon dimana daunnya tidak terlalu lebar dan tidak cepat gugur , karena jika sering jatuh ke air kolam juga akan mengurangi higienis air, untuk itu anda juga perlu mengatur penempatannya supaya daun bila gugur tidak langsung jatuh ke kolam. Penempatan dengan akar besar perlu dihindari berdekatan dengan kolam, karena semakin lama akar akan membesar yang bisa merusak konstruksi kolam itu sendiri. Beberapa pohon yang mungkin anda apat pilih adalah pohon kelapa, bungs kamboja, dadap merah ,tumbuhan palem kecil atau pisang kipas.

    4. Gazebo
    Gazebo adalah sebuah bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat berteduh dan beristirahat, berkumpul, dan menikmati makanan dan minuman selama melakukan aktivitas renang. Jenis jenis gazebo ini ada dalam berbagai bentuk, bisa menggunakan kayu, beton ataupun bahan plastik. Penempatan gazebo diusahakan jangan sampai mengganggu proses jalan menuju kolam dan penempatan diusahakan tidak mengganggu keselamatan.

    5. Table and Chair Set
    Perlengkapan ini diperlukan saat bersantai dan saat istirahat. anda bisa menempatkan furniture meja dan kursi untuk menikmati makanan dan minuman di dekat kolam. Tempatkan furniture tersebut jangan terlalu dekat dengan kolam.

    6. Umbrella Set
    Adalah perlengkapan dengan bentuk payung besar yang digunakan sebagai tempat berlindung dari terpaan sinar matahari dan tempat bersantai.

    7. Sun Longer
    yaitu sejenis kursi panjang tempat bersantai sebelum atau setelah berada diluar kolam. Sun Longer umumnya terbuat dari bahan kayu, fiber, plastik atau bahan rotan sintetis atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut dengan design yang dirancang untuk memberikan kenyamanan.

    8. Overflow atau Tumpahan Air
    Pemberian overflow atau tumpahan air di pinggir kolam, dapat menambah suasana nyaman di area tersebut. Pemilihan overflow bisa menggunakan berbagai bentuk yang artisitk di pinggiran kolam.

    Semoga Bermanfaat !!!!

    Perlengkapan Kolam Renang

    Untuk melengkapi kolam renang yang anda miliki, anda perlu menambahkan beberapa kelengkapan , sehinga saat anda akan dan sedan berenang anda sudah mempunyai fasiliats fasilitas yang memungkinkan saat -sat berenang anda semakin nyaman dan santai. Beberapa perlengkapan  untuk  kolam renang adalah:

    1. Lampu Kolam Renang

    Kolam renang anda akan begitu indah jika dilengkapi dengan latar yang artistik. Sebuah kolam renang adalah tempat yang disukai sewaktu musim panas yang dapat dinikmati siang ataupun malam hari. Begitu juga kita perlu menghindari resiko khususnya untuk anak anak maupun bagi tamu yang atas kehadiranya di sekitar kolam renang. Memasang lampu lampu disekitar kolam renang sangat membantu keselamatan bagi pengunjung atau pemakai di sekitar kolam renang dimana mereka dapat menikmati kolam renang jika dipakai malam hari. Pemilihan lampu yang menarik dapat juga menambah keindahan dari kolam renang disamping keselamtan yang didapatkan dari tersedianya lampu disekitar kolam renang.

    Penyedian lampu disekitar jalan taman kolam dan disekitar area landscape kolam dianjurkan jaraknya tidak lebih dari 5 m, sebagaimana persyaratan jarak efektif pencahayaan,. Penempatan lampu dibawah tangga kolam , dan penempatan lampu tanam disekitar bibir dinding kolam atau di pagar pengaman  dengan penempatan yang tidak terlihat orang, dimana tidak menjadi titik fokus langsung adalah sebuah konsep yang bagus bagi penataan lampu dikolam renang. Penempatan lampu yang bertingkat atau bertumpuk adalah sebuah model yang elegan yang dapat ditambahkan di area terbuka yang mana dapat juga menyembunyikan fiksture dari bunga ataupun daun daun yang kurang bagus .
    Saat  ini untuk pemakaian malam hari  , kolam renang kebanyakan dibangun dengan menyediakan  lampu di dinding kolam yang bisa memancarkan cahaya ke air kolam , fungsinya adalah selain untuk mendapatkan nilai artisitik  tetapi juga untuk membantu orang yang berenang di malam hari sehingga mereka dapat melihat sekitar mereka.

    Dalam salah satu desain pencahayaan untuk bawah air kolam, sebuah bola lampu pijar dengan jenis lampu LED tahan air mempunyai keunggulan karena biasanya didesain secara khusus untuk pemakaian di dalam air .

    2. Pool Covers

    Pool cover adalah pelindung kolam Anda dari jatuhan benda yang berasal dari atas kolam, seperti dedaunan, debu atau kotoran lainnya.  Ketika kolam renang sudah selesai kita gunakan, biasanya kolam akan dibiarkan terbuka sehingga kolam  akan mudah untuk menampung kotoran kotoran dari atas. Untuk menjaga hal ini kita perlu menyediakan pool cover di kolam renang yang kita miliki.  Pelindung ini dapat dibangun terpisah dari konstruksi kolam renang atau menyatu dengan konstruksi kolam sesuai dengan type pool cover yang kita gunakan.

    Jenis jenis pool covers yang tersedia saat ini adalah :

    • Solar Cover
      Jenis cover ini terbuata dari bahan plastik dengan kualitas yang bagus dimana bahannya sangat tipis. . Cover ini juga dilengkapi dengan pelindung sinar ultraviolet dan juga mengurangi penyerapan sinar matahari sekitar 5-15%.
    • Vinyl Pool Cover
      Jenis cover ini terbuat dari bahan material vinyl dimana beratnya lebih besar dari bahan solar cover Jenis bahan ini juga mempunyai Jenis cover ini dapat dibuat dalam dua lapisan dengan sekat yang berbeda. Dengan warna yang lebih gelap dan lebih padat jenis cover ini dapat menyerap panas matahari 20 – 40 % .
    • Automated and Semi-Automated Pool Covers
      Pool Cover Otomatis atau semi otomatis adalah jenis cover yang konstruksi dengan sistim menggulung sendiri dengan menggunakan rel sendiriDengan hanya menekan tombol saja, maka pool cover akan bekerja sendiri untuk menutup atau membuka cover. Untuk yang jenis Smi Otomatis juga menggunakan sistim mekanis tapi hanya perlu bantuan orang untuk membentangkan cover diatas rolnya. Bahan cover sendiri bisa menggunakan plastik ataupun vinyl.

    3. Pool Liners

    Pool liner adalah bahan penutup kolam renang yang biasanya dipasangkan menjadi garis atau penutup di kolam renang dimana dipasangkan di permukaan dasar ataupu disisi samping kolam renang. Pool liner biasanya dipakai orang bilamana mereka tidak menutup permukaan konstruksi kolam dengan keramik . Bahan pool liner dibuat dari bahan material vinyl ataupun dari bahan plastic.


    Liner vinyl dibuat dari bahan yang daya tahan lama dan material yang elastis dimana mempunyai daya tahan kerusakan terhadap sinar matahari, bahan kimia yang berbahaya dan juga tahan terhadap pengaruh cuaca. Pool liner jenis ini dapat dipasangkan dalam berbagai ukuran atau bentuk. Biasanya diproduksi dalam berbagai ukuran standard sebagaimana yang biasa dipakai di kolam renang. Pool liners dapat dijumpai dalam berbagai warna , pola dan ketebalan dan anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan anda.

    4. Pool Slides

    Pool slides, adalah pilihan kelengkapan untuk kolam renang dengan bentuk papan luncuran. Jika anda mempunyai anak yang sudah bisa berenang, anda dapat memanjakannya dengan menyediakan papan luncuran ini di kolam pribadi anda. Papan luncuran ini dapat anda jumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dalam berbagai warna. Umumnya bahan material untuk papan luncuran ini terbuat dari plastik dan vinyl.

    Untuk  memilih kelengkapan ini perlu  mempertimbangkan beberapa hal :

    • Ukuran yang akan dibeli harus berdasarkan ketersediaan lahan.
    • Papan luncuran yang ditujukan pemakaiannya untuk anak anak, usahakan papan luncuran harus berbentuk aman dan tidak dalam ukuran yang terlampau tinggi.
    • Jika papan luncuran ditujukan bukan hanya untuk anak saja,  pilih lah jenis luncuran yang bisa dipakai untuk orang dewasa.

    5. Diving Pools (Papan Loncat)

    Papan loncat sebagai kelengkapan kolam renang hanya dianjurkan bagi pemakai yang sudah cukup dewasa,sebagaimana dianjurkan karena pemakaian bagi anak anak dianggap mempunyai resiko jika kurang begitu pandai untuk memakaianya.
    Papan loncat ini dapat ditemui dalam berbagai bentuk, ukuran dan bahan. Untuk pemakaian pribadi dirumah anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


    Salah satu yang perlu diperhatikan adalah penempatan papan loncat harus di sisi bagian kedalaman kolam tidak kurang dari 2 m.

    6. Stairs / Tangga

    Tangga kolam renang dimaksudkan sebagai alat bantu dikolam renang untuk turun ataupun naik dari kolam renang. Penempatan tangga ini biasanya di tepi kolam dimana kedalaman kolam lebih dari 1 m. Bagi kolam pribadi anda dimana bentuk lantai sudah didesain dalam berbentuk tangga, anda juga perlu menempatkannya disisi yang lebih dalam karena juga diperlukan untuk keselamatan bilamana sesorang yang berenang ingin cepat naik ke sisi luar kolam.

    7. Heater atau pemanas
    Alat ini dimaksudkan membantu memanaskan suhu air kolam dimalam hari atau disaat cuaca dingin, sehingga memberikan kenyamanan disaat anda beraktivitas di kolam renang.

    Type Saringan Air (Filter) Kolam Renang

    Saringan Kolam Air renang adalah bagian dari sistim sirkulasi air yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat di air kolam air renang .

    Pada dasarnya Saringan (Filter) air kolam renang terdiri dari 3 macam yaitu :

    SAND FILTERS


    Sand Filter menggunakan pasir kwalitas khusus yang dituangkan kedalam tabung sebagai media penyaring air.
    Sistim kerjanya adalah air yang masuk kedalam tanki filter secara terus menerus akan menyebar didalam filter. Sebagaimana biasa air akan mengalir kebawah ke dasar tabung, kotoran dan debu akan terperangkap di butiran butiran pasir dan akan terkumpul diatas lapisan pasir tersebut. Ketika air mendekati permukaan bawah saringan , kemudian air akan mengalir kearah lateral posisi pipa dan air akan mengalir kembali melalui pipa pengembalian ke kolam renang.
    Sand filters dapat menyaring kotoran atau debu yang berukuran sekitar 40 microns . Dan kotoran kotan yang mempunyai ukuran lebih kecil dari 40 microns kemungkinan besar tidak akan tersaring.
    Saringan filter yang dipakai secara terus menerus untuk menyaring kotoran kotoran yang mengalir dari kolam renang, maka lama kelamaan endapan kotoran akan semakin banyak diatas pasir dalam tabung filter sehingga tekanan air akan menurun. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan filter secara berkala, untuk membersihkan saringan anda hanya perlu membalikkan tabung filter dan mengeluarkan air yang tersisa didalamnya, pedoman ini adalah sistim “backwashing terhadap filter.Ketika filter sudah dibersihkan kembali, anda perlu membilasnya dan kemudian menuang kembali pasir kedalam tabung. Cara ini perlu dilakukan secara manual setiap minggu.

    CARTRIDGE FILTERS
    Cartridge filters menggunakan paper-type cartridge sebagai media penyaring dimana mempunyai kualitas yang sama dengan sistim saringan pasir.
    Cartridge filters mempunyai reputasi yang kurang bagus dimana pemeliharaannya agak susah. Tetapi pabrikasi terbaru sudah memakai saringan sistim yang dengan permukaan yang cukup sebagaimana diperlukan, untuk pembersihan alat saringan nya 2 kali dalam setahun.
    Prinsipnya saringan ini adalah seperti saringan air yang anda pakai dibawah cuci piring anda. . Cartridge yang ada dalam saringan mempunyai permukaaan yang lebih banyak untuk menyaring air dibandingkan dengan sistim filter sand .Ukuran yang ada adalah mulai dari 100 kaki persegi dan umumnya jenis yang dijual dipasaran dengan ukuran lebih dari 300 kaki persegi. Jadi saringan tidak akan lekas tertutup permukaannya walaupun anda tidak terlampau sering untuk membersihkannya. Ada 2 hal tentang filter catridge ini secara umum , yang pertama adalaha filter dengan bahan yang tidak terlampau mahal dimana jenis ini tidak tahan dalam umur yang cukup lama. Dan type kedua adalah dengan jenis elemen yang cukup mahal, dimana alat ini dapat tahan lebih dari 5 tahun. Unutk kasus yang kedua , cartridge filters ada yang didesain dengan tekanan rendah dibandingkan dengan filter type sand filter . Ini menaruh tekanan balik terhadap pompa dan dan sebab itu anda perlu menaikkan aliran dan mengganti ukuran pompa yang seimbang dengannya..

    DE  FILTERS
    DE filter menggunakan diatomaceous earth sebagai media penyaring air. The DE filter mempunyai penyaring plsatik dibungkus dengan plastik khusus. Bubuk dalam apisan saringan powder menggunakan Diatomaceous Earth membungkus grid/ jaring yang menjadi alat penyaring kotoran.
    Semua air yang mengalir akan melewati saringan bubuk DE , semu kotoran atau debu yang berukuran 5-8 mikron akan tersaring oleh alat ini.
    Diatomaceous earth adalah hasil penambangan dari fosil exoskeletons yang mempunyai jenis diatom yang sangat kecil.Biasanya digunakan untuk melapisi jaring ddidalam rumah filter dan secara aktual mempunyai ikatan ikatan yang sangat halus untuk menyanring kotoran .

    Masukan bagi anda :
    • Semua jenis saringan datas adalah berfungsi untuk menyaring air.
    • Pastikan anda memilih ukuran dan kapasitas filter yang sesuai dengan ukuran kolam renang yang anda miliki.
    • Jika anda menginginkan filter yang cukup kuat, sebaiknya anda memilih filter jenis sand filter
    • Untuk pemeliharaan yang lebih mudah sebaiknya anda memilih jenis catidge.
    • Untuk mendapatkan kualitas air yang lebih jernih sebaiknya anda memilih filter type DE.
    • Anda dapat menambahkan sedikit ke saringan jenis sand filter atau ctridge filter untuk menaikkan kemampuan penyaringan partikel partikel dari air kolam.
    • Pastikan sistim instalasi pemipaan kolam renang anda mempunyai aliran pemipaaan yang bisa dibypass ke arah filter, bilamana anda ingin membuang semua air dari kolam untuk membersihkan sampah dan kotoran dikolam renang , anda tidak perlu membuang airnya melalui aliran melalui filter.
    • Carilah brosur brosur yang berhubungan dengan filter , anda perlu membaca dan mengetahui bagaimana merawat dan membersihkannya.
    • Semakin lebih luas permukaan saringan ctridge maka akan semakin mengurangi frekuensi pembersihannya.
    • Jangan pernah menggunakan tongkat pencuci mobil untuk membersihkan saringan filer. Lebih bagus anda menggunakan selang air untuk menyemprotkan air ke filter.

    Selamat berenang!

    Sistim Sirkulasi Air Kolam Renang

    Sistim sirkulasi kolam renang biasanya ada beberapa macam tergantung fungsi dan design kolam renangnya, misalnya :
    • Sistim sirkulasi dengan overflow dan balancing tank
    • Sistim sirkulasi tanpa overflow dan tanpa balancing tank
    • Sistim sirkulasi dan filtrasi paket.

    Hal hal yang perlu diperhatikan biasanya sebagai berikut :
    • Laju aliran sirkulasi, tergantung volume kolam dan waktu pencucian/ penyaringan air
    • Ukuran pipa yang dipakai
    • Kelengkapan asesorie seperti valve, strainer, filter, heir cather dan lain lain
    • Kapasitas pompa sirkulasi, total head dan BHP nya
    • Kapasitas pompa dosing, tangki klorinasi dan sand filter
    • Jenis in let yang digunakan(make up water, back wwash, drainage dan by pass)

    Dibawah ini dapat digambarkan sistim sirkulasi air yang bekerja , dimana air dari kolam tetap disirkulasikan oleh pompa dan air dibersihkan melalui alat filter. Sistim sirkualsi dapat ditambahkan dengan alat heater untuk mengatur suhu air supaya tetap normal, dan suhu bisa disetting bilamana diperlukan. Dan sistim ini juga dapat ditambahkan dengan alat pengatur chemical air untuk menjaga higenis dari air yang dipakai selama melakukan aktifitas renang.

    Dari bagan diatas, secara umun bagian utama sirkulasi kolam renang terdiri atas:
    1. Pompa Air , berfungsi sebagai  motor penggerak air

    2. Filter , berfungsi sebagai alat untuk penyaring air

    3. Heater, berfungsi sebagai alat untuk pengatur suhu air

    4. Return , merupakan kelengkapan untuk air masuk kedalam kolam

    5. Kolam , sebagai wadah penampungan air

    6. Skimmer , merupakan alat penyaring air untuk ditarik kembali ke pompa

    7. Main Drain , merupakan alat penyaring air yang akan dibuang dari kolam

    8. Drain , merupakan sistim pemipaan untuk penyalur dan pembuang air.

    Semoga bermanfaat!

    Langkah Langkah Membangun Kolam Renang

    Bagi orang yang sehari hari banyak mempunyai aktifitas kadang ingin mengunjungi suatu tempat untuk melepaslelah atau mencari sebuah tempat yang rileks. Salah satu tempat yang sering dikunjungi orang adalah tempat pemandian air panas, sauna , kolam renang dan tempat lainnya. Kolam renag adalah tempat favorit bagi orang disamping biaya untuk mengunjunginya relatif murah juga tempatnya mudah didapatkan karena banyak  tersedia.
    Memiliki kolam renang sendiri juga sangat diinginkan semua orang, apalagi kolam renang tersebut ada di sekitar rumah tinggal. Sebahagian orang mungkin sudah paham dan mengerti tentang seluk beluk bagaimana membangun kolam renang tersebut, tapi anda mungkin ingin memiliki banyak informasi bagiaman membangun kolam renang yang baik, efisien dan efisien, sehingga dana yang anda keluarkan sesuai dengan kolam renang yang dibangun.
    Untuk membangun kolam renang yang baik dan sesuai dengan standard yang ditentukan, maka kolam renang tersebut harus dapat memenuhi bebrapa persyartan. Persyaratan yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari kolam renang itu sendiri dan juga bahan bahan material dan perlengkapan yang diperlukan sehingga kolam yang dibangun dapat memberikan rasa kenyamanan.
    Demikian juga setelah kolam renang tersebut sudah selesai dikerjakan, tentu selama pemakaian anda juga perlu merawatnya sehingga selama pemakaian kolam renang anda tetap terawatt baik dan air yang dipakai tetap dalam kondisi yang hiegenis.

    Untuk membangun kolam renang yang kita inginkan, perlu kita mempersiapkan langkah langkah yang terencana suapaya kolam renang yang kita bangun berhasil dengan baik sesuai dengan keinginan dan biaya yang dikeluarkan.
    Untuk kolam renang yang kita bangun di rumah kita sebaiknya kita rencanakan tidak hanya untuk pemakaiannya saja, juga kita harus memikirkan bagaimana supaya kolam renang yang kita bangun menjadi sebuah investasi.

    Secara garis besar langkah langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagia berikut :
    1. Penyediaan Lahan dan Letak Bangunan Kolam Renang
    2. Perencanaan Struktur Kolam Renang
    3. Pelaksanaan Konstruksi Kolam Renang
    4. Pemakaian dan Pemeliharaan Kolam Renang
    Dalam setiap tahap tersebut anda mungkin belum familiar atau mengerti betul tentang proses kerjanya. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Dan untuk hal hal teknis yang anda rasa tidak akan sanggup untuk mengerjakannya, anda bisa meminta orang atau perusahaan yang sudah biasa untuk mengerjakannya.

    Demikian dan kiranya dapat bermanfaat untuk anda.

    Pemakaian dan Pemeliharaan Kolam Renang

    Setelah anda menyelesaikan pembangunan kolam renang yang anda impikan, tentu anda akan segera memulai menikmati aktivitas dikolam renang yang anda miliki, anda ingin menikmatinya dengan rileks , aman dan sehat. Selama masa pemakainan tersebut anda juga perlu memperhatikan bebrapa hal yang berhubungan dengan pemakaian dan perawatan kolam renang yang anda miliki.

    Untuk pemakaian kolam renang selain kebersihan dan higienis air , yang perlu dijaga adalah juga masalah keselamatan selama beraktifitas di kolam renang. Untuk anda yang sudah dewasa dan sudah mahir berenang mungkin tidak perlu terlampau diawasi, kita perlu memperhatikan dan pengawasan bagi anak anak ataupun tamu yang belum mahir berenang.

    Berikut kami berikan beberapa tips untuk keselamatan di kolam renang , :
    1. Sediakan selalu orang yang bisa menjaga jika anak anda berada dikolam renang. Usahakan orang yang mengawasi mereka sudah mahir berenang.
    2. Jangan ijinkan anak anak anda berlari, main dorong dorongan , shoving atau bermain kasar disekitar pinggiran kolam renang.
    3. Jika anak anda memakai papan loncat, berikan pengarahan bagaimana cara meloncat yang baik. Batasi penggunaan papan loncatan.
    4. Pastikan anak anda sudah pandai berenang dan anak anda sudah tahu teknik tenik berenang
    5. Berikan pelajaran dan latihan dasar tentang air termasuk metode pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan di air.
    6. Sediakan kotak P3K didekat kolam renang. Periksa setiap obat-obatan dan kelengkapan P3K yang ada dan paling sering dipergunakan dan gantilah persediaan yang sudah kaladuarsa.
    7. Sediakan peralatan peralatan sederhana untuk pengamanan dan selalu ditempatkan didekat kolam renang yang mudah dijangkau. Periksalah peralatan pertolongan tersebut secara berkala untuk memastikan barang barang tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan mudah digunakan. Peralatan pertolongan pertama yang perlu disediakan adalah ban pelambung , tali pengikat termasuk pengait pengaman
    8. Pastikan selalu tersedia telepon atau semacam telepon cordless di dekat kolam renang sebagai peralatan panggilan emergency
    9. Lakukan tindakan pencegahan dengan memberikan tanda pelarangan masuk di jalan menuju kolam renang ketika tidak ada seorang pun ada disekitar kolam. Jangan mengijinkan orang lain yang anda tidak kenal atau anak anak sendirian di kolam renang. Pastikan tersedia atau terpasang system alarm untuk sebagai tanda ketika sesorang berada dikolam renang yang anda miliki.
    10. Berikan alat penerang interior di kolam renang anda dan juga lampu lampu penerangan disekitar kolam. Pastikan semua lampu dapat bekerja dengan baik dan yang paling penting instalasi listik sudah dalam kondisi yang aman.
    11. Periksa selalu sistim drainase kolam renang anda. Jika anda menemukan kerusakan atau sesua tu yang kurang beres segera perbaiki . Perbaiki seluruh sistim drainase yang mengalami gangguan sehingga dapat kembali berfungsi secara normal dan jangan biarkan anak anak duduk atau berdiri di posisi drainase yang rusak.
    12. Pastikan instalasi dari terlindung dari anak anak dan beri dengan pagar pengaman disekitar perimeter peralatan dan perlengkapan kolam.

    Bagi anda yang sudah mempunyai kolam renang pribadi, perawatan air kolam renang merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih . Disamping perawatan terhadap air kolam kita juga harus merawat perlengkapan dan lanscape sekitar kolam renang.

    Kualitas air yang kurang baik atau buruk dapat menghilangkan minat kita untuk berenang. Disamping itu, air yang tidak jernih dapat mengurangi keindahan kolam itu sendiri dan secara keseluruhan akan memperburuk tampilan rumah anda.
    Untuk perawatan air kolam, dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa yang khusus melakukan perawatan air. Sedangkan untuk chemicalnya dapat dibeli sendiri atau dapat pula dibeli pada pihak penyedia jasa perawatan kolam renang.

    Beberapa alasan mengapa perlu dilakukan penjagaan kebersihan air kolam adalah sebagai berikut :

    • Air merupakan tempat berkembang buat patogen berbahaya seperti bakteri dan mikroorganisma dimana air kolam menjadi tempat yang sempurna untuk membawa penyakit dan dapat berpindah dari satu orang terhadap orang lain.
    • Air yang kurang seimbang dapat mengganggu kulit dan mata.
    • Air yang mempunyai kadar kesimbangan kimiawi yang kurang bagus dapat merusak bagian bagian dari kolam.
    • Air yang kurang seimbang akan kelihatan kotor sehingga mengurangi keindahan kolam,.

    Untuk hal itu perlu dilakukan perawatan kolam renang sehingga tetap bersih dan higienis. Langkah langkah yang dapat dilakukan adalah :

    1. Penyediaan Feeder Klorin Otomatis

    Klorin biasanya disusun dalam bentuk cair, bentuk bubuk atau tablet (meskipun beberapa profesional menggunakan gas klorin), dan dapat ditambahkan ke air di manapun dalam siklus. Pool ahli umumnya merekomendasikan menambahkan hanya setelah proses penyaringan, menggunakan feeder kimia. Jika ditambahkan langsung ke kolam renang, dengan menggunakan tablet dalam kotak skimmer, misalnya, klorin juga cenderung terkonsentrasi di daerah tersebut.

    2. Penyediaan Alat Pengecekan Tingkat pH Pool

    pH air adalah ukuran keseimbangan asam-alkalinitas total nya – proporsi relatif dari asam dan basa dalam air. Secara sederhana, air yang terlalu asam atau terlalu basa akan menyebabkan reaksi kimia yang tidak diinginkan. Jika air terlalu asam, itu akan menimbulkan korosi pada peralatan logam, menyebabkan bahan etsa pada permukaan dan menyebabkan iritasi kulit. Jika air terlalu basa, hal itu dapat menyebabkan scaling di permukaan kolam dan peralatan pipa saluran air dan dapat awan air. Selain itu, baik keasaman tinggi dan alkalinitas tinggi mengubah efektivitas klorin. klorin tidak akan menghancurkan patogen juga jika air terlalu basa, dan akan menghilang jauh lebih cepat jika air terlalu asam.

    3. Penyediaan Chemical untuk kolam renang.

    Jenis chemical yang digunakan untuk perawatan kolam renang:
    • Kaporit Powder 60% Tjiwi
    • Kaporit Granular
    • Kaporit Tablet 200gr
    • Copper Sulphate
    • TB Coral
    • HCL
    • Soda Ash Dense
    • PAC

    4. Penyediaan peralatan-peralatan kebersihan kolam

    Beberapa Jenis peralatan kolam yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :
    • Sikat Lantai (Vacuum Head)
    Sikat ini dipergunakan untuk membersihkan debu dan lumpur yang ada di permukaan lantai kolam renang. Bentuk, ukuran dan warna terdapat dalam berbagai macam.
    • Sikat Dinding (Wall Brush )
    Sikat ini dipergunakan untuk membersihkan debu dan lumpur yang ada di dinding kolam renang. Bentuk, ukuran dan warna terdapat dalam berbagai macam. Bulu sikat dinding biasanya memiliki bulu yang lebih panjang dari sikat lantai.
    • Selang (Vacum Hose)
    Selang digunakan untuk mengangkat kotoran yang ada didasar lantai setelah dibersihkan oleh sikat lantai. Ukuran panjang selang bervariasi. Anda perlu menyediakan selang sesuai dengan ukuran kolam renang anda termasuk jaraknya ke pembuangan limpahan air.
    • Tongkat Pegangan (Telescopic Handle)
    Alat ini dipergunakan untuk pegangan pada sikat lantai atau sikat dinding pada saat kita hendak membersihkan atau menyikat lantai ataupun dinding kolam.
    • Saringan Daun (Leaf Cather)
    Alat ini dipergunakan untuk membersihkan kolam dari daun ataupun kotoran yang ada di permukaan kolam renang.

    5. Perawatan Landscaping Kolam Renang.

    Disamping perawatan air kolam sendiri, anda juga perlu merawat sekeliling kolam renang anda sehingga area kolam renang anda tetap aman, bersih dan tetap kelihatan indah. Tips tips yang perlu anda lakukan adalah :
    • Siramlah tanaman yang ada secara teratur supaya tetap tumbuh dengan baik.
    • Potong dan buang bagian tanaman yang mati termasuk daun daun yang jatuh segera dibuang. Jangan biarkan daun yang jatuh terlalu lama di tanah karena kemungkinan akan tertiup angin sehingga masuk kedalam kolam.
    • Pastikan batu diarea deck dan pinggiran kolam tidak sampai berlumut, karena disamping mengganggu keselamatan orang yang berjalan juga akan merusak material dek sendiri.
    • Selalu periksa sistim penerangan disekitar kolam terutama bagian instalasi listriknya. Jika ada sitim instalasi yang rusak segera perbaiki demi keselamatan.
    • Jika anda menanam tanaman baru , berikan pagar pengaman atau tanda sehingga tidak dirusak orang yang lewat.
    • Hindari penumpukan barang atau menempatkan benda benda yang tidak perlu ditaman selain mengurangi keindahan juga akan menjadi tempat berkembangnya mikrobiologi ataupun bakteri.

    Membuat Air Kolam dan Spa Jernih Berkilau dan Higienis.

    Bayern Ozone Solutions mengasilkan Ozone O3 sebagai zat desinfektan dan Oksidan yang ramah lingkungan untuk menyanitasi air kolam renang dan spa sehingga airnya jernih berkilau dan hieginis.Lain halnya dengan merenggunaan kaporit atau clorine. Ozon tidak memiliki efek samping seperti iritasi kuliat atau mata merah, Setelah ozon menyanitasi air kolam renang. Zat ini berubah menjadi oksigen dan air terasa lebih segar dan nyaman. Bayern jernihkan air kolam renang, Air bersih rumah tangga, hotel, restoran apartemen, dan kolam ikan.Untuk kolam ikan/Koi, Bayern Ozone dapat di kombinasikan dengan UV Disinfection dan atau Ultrasound untuk menjernihkan air lebih sempurna dan ikan lebih sehat.

    Keunggulan Menggunakan “Bayern Ozone Solutions”
    Ozone (O3) adalah zat disinfectant dan oxydator yang 152% lebih kuat dari chlorine.
    Ozone (O3) adalah dengan “zero waste” dan ramah lingkungan.
    Ozone (O3) adalah netral terhadap pH air.
    Air jadi jauh lebih jernih, tidak ada efek samping seperti:iritasi kulit, mata merah, rambut kaku/kering
    Setelah ozone (O3) menyanitasi air kolam renang, zat ini akan berubah kembali menjadi oksigen (O2) yang membuat air terasa lebih segar.
    Meningkatkan hasil kebersihan/kesehatan air kolam renang.
    Menghilangkan bau-bau busuk.
    Membuat kualitas air lebih jernih berkilau dan lebih nyaman.
    Air “backwash” sangat ramah terhadap lingkungan.
    Dengan Bayern Ozone Solutions pH air lebih stabil.
    Mengurangi penggunaan obat-obatan (chemicals).
    Tidak perlu banyak menyimpan obat-obatan (chemicals).
    Dengan Bayern Ozone Solutions hanya perlu “back-up chlorine”sekitar 10 s/d 20% dari kebutuhan normal.
    Dengan Bayern Ozone Solutions lebih mudah cara perawatan (maintenance) dibandingkan pada umumnya.

    Berikut ini adalah spesifikasi kebutuhan untuk kolam anda sesuai
    dengan kubikasi air :

    Type                Volume Air
    BZ1200                 30 M3
    BZ1400                 60 m3
    BZ1600              100 m3
    BZ2400              200 m3
    BZ3200              300 m3

    Anda Ingin Membangun Kolam Renang di dalam Rumah?

    Membangun kolam renang di dalam rumah tidaklah sulit atau mahal kalau anda menggunakan jasa dari orang yang mampu dan dapat dipercaya. Silahkan hubungi saya kalau memerlukan informasi ini atau langsung hubungi Pak ASEP di nomor HP dan telpon di bawah.
    • Kolam renang belakang rumah

      Kolam renang belakang rumahPembangunan kolam renang hanya memerlukan waktu kurang dari 2 bulan. Kolam renang kami selesai seminggu sebelum lebaran tahun ini.

    • Kolam Renang Selesai Dibangun

      Kolam Renang Selesai DibangunSesuai janji, kolam renang kami selesai hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan (1,5 bulan saja).

    • Design tiga dimensi

      Design tiga dimensiSebelum mulai pembangunan kolam, dibuatkan gambar tiga dimensi rencana kolang yang akan dibangun.

    • Pengawasan oleh Pimpinan Proyek

      Pengawasan oleh Pimpinan Proyek Pimpinan proyek setiap hari melakukan pengawasan dan memotivasi pekerja. Hubungan dengan para pekerja sangat harmonis. Anda butuh orang-orang yang bisa dipercaya untuk menggarap proyek pembangunan kolam renang ini.

    Kata Kunci Kontraktor Bangun Rumah:, berapa biaya bagun rumah mewah yang ada kolam renang, Struktur kolam ikan, bahan yang di perlukan untuk membuat kolam landscape ditaman, lampu led dalam kolam terbaik termurah, memilih tanaman pinggir kolam renang, obat kolam renanG liner, rencana denah rumah mewah 2 lantai & kolam renang, rumah ada kolam renangnya, rumah mewah berkolam renang, sirkulasi kolam renang Tags:

Leave a Reply

CommentLuv Enabled