• Fungsi dan Kelebihan Stell Floor Deck

    0
    scissors
    November 13th, 2012adminArtikel

    Fungsi dan Kelebihan Stell Floor Deck

    Fungsi dan Kelebihan Stell Floor Deck

    Yang dimaksud dengan steel floor deck yaitu suatu material yang bisa difungsikan sebagai media pengganti material konvesional berbentuk papan lebar misalnya triplek. Biasanya stell floor deck ini dipakai untuk alas dalam proses pembuatan lantai dan atap dari dak beton. Bahan pembuatnya adalah plat baja jenis galvanized dilengkapi dengan tulang.

    Steel floor deck ini punya bentuk yang bergelombang dan ukurannya selalu sama yaitu lima senti meter. Untuk panjang dan lebarnya ada beberapa variasi, jadi ketika memilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau ukuran area yang mau diberi dak.

    Dibandingkan dengan triplek atau bahan lain yang digunakan untuk membuat dak, ada beberapa kelebihan stell floor deck yang tidak dimiliki bahan lain tersebut. Yang pertama adalah material ini bisa disimpan dalam ruang sempit saja, tidak perlu luas karena bisa ditumpuk menjadi satu.

    Untuk pembuatan dak, jika memakai stell floor deck bisa menghemat penggunaan besi tulangan pada pelat lantai. Jika ukurannya makin besar dan luas, tentu biaya yang harus dikeluarkan juga menjadi jauh lebih hemat lagi. Selain itu jika sedang tidak difungsikan, bisa digunakan sebagai alas kerja sementara atau propping sampai ukuran 2,2 meter bagi bentang menerus. Maksudnya adalah penggunaan tempopary support atau dukungan sementara bisa dikurangi dan ruang yang ada di bawah lantai jadi lebih luas.

    Jika triplek bisa terbakar, tapi untuk stell floor deck dijamin punya sifat yang tahan api. Bahkan dalam uji laboratorium yang pernah dilakukan, material ini ditetapkan sudah memenuhi semua standar keamaan yang dibutuhkan. Selain itu stell floor deck juga bisa diaplikasikan pada lantai atau diahfrahma pada bangunan maupun gedung berukuran tinggi dan terdiri dari puluhan lantai.

    Pemakaian stell floor deck juga bisa membuat proses pengerjaan dan pembuatan dak jadi lebih mudah dilakukan. Baik ketika dalam proses persiapan atau proses pengedakan secara langsung. Hal ini menjadikan pembuat dak menjadi lebih cepat sehingga ada efisiensi waktu yang cukup banyak.

    Efisiensi waktu ini tentu berpengaruh juga pada sisi pembiayaan dan jumlah tenaga kerja. Dan yang lebih penting lagi, dengan menggunakan stell floor deck, maka pemakaian bahan yang lain seperti semen, pasir, bekisting hingga perancah juga bisa dihemat. Menurut pengalaman, angka penghematan itu bisa mencapai duapuluh lima sampai tigapuluh persen. Tentu merupakan nilai penghematan yang tidak sedikit.

    Kemudian untuk masalah harga, meski terbilang lebih mahal dibandingkan dengan triplek, tapi secara keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan dak jatuhnya justru menjadi lebih murah. Karena kita tidak memerlukan lagi bekisting. Lalu jika biasanya tebal dak dan beton adalah limabelas sentimeter, namun bila memakai stell floor deck, ketebalannya cukup duabelas atau tigabelas sentimeter saja. Ukuran inilah yang membuat penggunaan material bahan agregrat jadi bisa dihemat hingga tigapuluh persen.

    Tapi agar hasilnya makin bagus dan sempurna, pemakaian stell floor deck harus memperhatikan beberapa hal. Pertama sebelum membeli sebaiknya luas dan ukuran arena yang akan dibuat dak dihitung dulu dengan terliti dan cermat. Sehingga ketika membeli tidak akan terjadi kesalahan di dalam pemilihan ukuran stell floor deck.

    Selanjutnya sebelum dipasang, telitilah dudukan atau alas yang digunakan sebagai dasar untuk meletakan dan menempelkan stell floor deck. Alas dan dudukan ini harus benar-benar lurus dan rata, sehingga pelat bisa terpasang dengan baik dan sempurna pada tempatnya.

    Terakhir yang tidak boleh dilupakan, stell floor deck bukan merupakan suatu sistem konstruksi serta kerangka utama untuk menyangga dan menahan beban dari dak. Jadi kita harus membuat perhitungan struktur antara kolom yang satu dengan kolom yang lain. Jika bangunan itu adalah rumah, ukuran maksimalnya adalah enam meter.

    Sumber gambar : http://buildipedia.com

    Kata Kunci Kontraktor Bangun Rumah:, cara pasang floor deck, cara pemasangan steel floor deck, harga steel floor deck, cara pasang floordeck, cara pasang steel floor deck, cara menghitung biaya pengedakan, ukuran panjang steel floor deck, pasang floor deck, jenis plat baja floor deck, harga steel decking Tags:

Leave a Reply

CommentLuv Enabled