• Tips Desain Rumah Tahan Banjir

    0
    scissors
    January 14th, 2013adminArtikel

    Tips Desain Rumah Tahan Banjir

    Tips Desain Rumah Tahan Banjir

    Ingin tahu desain rumah tahan banjir ? Di sebagian kawasan Indonesia, banjir telah menjadi musim rutin. Padahal seharusnya banjir adalah sebuah bencana yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah, melakukan upaya-upaya perbaikan sehingga banjir tak melekat menjadi salah satu musim baru di Indonesia. Faktanya saat ini banyak daerah-daerah di Indonesia seperti Jakarta, Riau dan sebagainya yang memiliki tambahan musim baru setelah musim panas dan musim penghujan, yakni musim banjir. Dikatakan musim banjir karena setiap tahun rutin terjadi bencana banjir tersebut. Memiliki desain rumah tahan banjir merupakan salah satu cara dan solusi individu untuk menyelamatkan dirinya dari bencana rutin tersebut. Tak perlu berharap banyak pada orang lain dan pemerintah untuk mengatasi bencana rutin tersebut, tapi Anda pun harus memiliki pola pikir cerdas sendiri yang menjadi solusi akan bencana rutin tahunan tersebut.
    Desain rumah tahan banjir sebenarnya cukup sederhana saja, tidak memerlukan modal yang mahal untuk Anda merancang dan menciptakannya. Bahkan bisa Anda buat dengan bahan material yang murah jika Anda mau. Tips desain rumah tahan banjir diperlukan untuk mengantisipasi bencana banjir yang terkadang datang secara mendadak karena faktor hujan yang terus menerus, atau karena sungai meluap akibat dari kesalahan kita sendiri membuang limbah domestik sembarangan. Nah, seperti apakah tips desain rumah tahan banjir tersebut, berikut ini beberapa contohnya:
    1. Membangun rumah dengan pondasi yang tinggi
    Jika Anda tetap ingin memiliki rumah berbahan batu di kawasan rawan banjir, maka salah satu desain rumah tahan banjir yang bisa Anda masukkan dalam rancangan rumah Anda adalah dengan memakai pondasi rumah yang tinggi. Ketinggian pondasi rumah bisa Anda buat dengan menimbun lokasi pondasi terlebih dahulu dengan tanah. Pondasi rumah yang tinggi akan menghambat air masuk ke dalam pintu rumah Anda. Jangan membangun rumah batu dengan pondasi rendah di kawasan rawan banjir, karena jika musim banjir tiba, tentunya Anda yang akan direpotkan dengan air yang masuk ke dalam rumah.

    2. Membangun rumah panggung

    Desain rumah tahan banjir yang satu ini biasanya banyak dibuat orang yang berada di daerah. Di kota-kota besar sebagian orang merasa kuno dengan desain rumah ini, padahal rumah panggung memiliki keistimewaan pada saat terjadi musim banjir. Rumah panggung sebenarnya bisa Anda desain dengan menarik, tak kalah dengan rumah gedung batu. Asalkan Anda punya kreatifitas untuk menciptakan berbagai nuansa dan tema rumah panggung natural, maka rumah panggung justru akan memiliki nilai estetika yang tinggi. Rumah panggung biasanya terbuat dari bahan papan.
    3. Membangun rumah bertingkat
    Model rumah bertingkat memang secara jelas bisa dikatakan sebagai desain rumah tahan banjir. Jika Anda berada di sebuah daerah yang kerap sekali terjadi banjir, maka bangun lah model rumah bertingkat. Model rumah bertingkat tak hanya dibutuhkan pada kawasan sempit tanah, namun juga kawasan rawan banjir membutuhkan model rumah tingkat. Model rumah tingkat bisa Anda buat dalam bentuk gedung batu atau juga dari bahan natural seperti papan. Rumah bertingkat yang terbuat dari papan akan lebih resisten terhadap bencana banjir dan gempa bumi, sementara untuk model rumah bertingkat gedung batu, justru pada saat terjadi gempa bumi akan sangat menakutkan. Nah, jika Anda berada di kawasan rawan banjir dan gempa bumi, maka pilihan desain rumah papan bertingkatmenjadi pilihan yang tepat.
    Tags:

Leave a Reply

CommentLuv Enabled