• Tips Membuat rumah nyaman

    0
    scissors
    January 9th, 2013adminArtikel

    Tips Membuat rumah nyaman

    Beberapa tips yang dapat membuat rumah menjadi nyaman, tidak panas, dan terasa lega adalah:

    1. Buat rumah agak tinggi. Untuk rumah atau kantor yang menggunakan energi buatan, baik cahaya maupun sistem pengudaraan, ketinggian bangunan akan membuat pemborosan. Namun, bila rumah atau kantor menggunakan pencahayaan dan sistem pengudaraan secara alami atau kombinasi, peninggian bangunan dan peninggian kemiringan atap merupakan solusinya.

    2. Pasang cukup ventilasi dan jendela. Pemasangan ventilasi tidak hanya pada dinding bangunan, tapi juga dapat dipasang pada sopi-sopi atap atau dipasang semacam cerobong asap bila model atap rumah tidak memungkinkan diberi ventilasi. Sementara untuk cahaya maksimal tentu harus dibuatkan bukaan sinar dari jendela, bovenlight, roster atau kaca motif. Dengan banyaknya cahaya yang masuk dan kombinasi tata udara menyilang akan didapat rumah yang sejuk.


    3. Buat teras atau beranda. Adanya teras akan sedikit meredam masuknya cahaya dan angin secara langsung. Teras, beranda, dan konsul di daerah pintu masuk dan jendela akan mengurangi radiasi matahari yang masuk secara langsungsehingga diperoleh rumah yang tidak panas.
    4. Lakukan kombinasi warna yang tepat. Dengan penempatan warna secara tepat antara warna gelap dan warna terang berdasarkan fungsi ruang, akan diperoleh kenyamanan tersendiri yang terkait dengan sifat warnanya.
    5. Gunakan material alam. Bahan-bahan bangunan yang asli atau terbuat dari material alam seperti batu belah, batu poras, batu candi, serta batu bata akan mampu menyerap panas lebih maksimal dan menahan suhu sejuk lebih lama. Ini dapat dilihat pada bangunan-bangunan tradisional yang umumnya dibuat tinggi dan dibentuk dari material alam sehingga akan lebih nyaman ditempati.

    Tags:

Leave a Reply

CommentLuv Enabled